Ketika saya pertama kali mengajar dan masuk kelas, saya akan memperkanalkan diri saya kepada seluruh peserta didik yang ada di dalam kelas tersebut terlebih dahulu, dimulai dari memperkenalkan nama saya, tempat tinggal saya, dan hobby maupun pengalaman-pengalaman saya ketika masa sekolah dahulu. Kemudian menugaskan seluruh peserta didik untuk secara bergantian maju ke depan kelas untuk memperkenalkan dirinya agar memupuk rasa keberanian mereka dan akan timbul rasa keakraban antara guru dan siswa.
Kemudian berinteraksi dengan peserta didik melalui tanya jawab tentang pengalaman mereka dengan kelas sebelumnya atau guru sebelumnya, agar mengetahui bagaimana cara belajar mereka dan mengetahui bagaimana mereka. Jika saya mengajar kelas 1 maka saya akan bertanya kepada mereka tentang bagaimana dulu mereka ketika di Taman kanak-kanak atau PAUD. Interaksi ini dilakukan agar diantara kami semakin mengenal dan akrab.
Setelah itu,saya akan membuat games untuk mereka, ya games apa saja agar mereka merasa senang dan tidak takut jika belajar dengan saya serta dapat menimbulkan kerja sama antara peserta didik, dan games tersebut tetap harus mendidik. Dan nantinya ice breaking ini akan saya lakukan setiap pembelajaran akan dimulai agar anak-anak bersemangat ketika memulai pembelajaran dan tidak merasa jenuh.
Husnul khotimah
2013820106
PGSD-BSD/4
Mata Kuliah : Pengembangan Pembelajaran PKn di SD
Dosen : Dirgantara Wicaksono
Tidak ada komentar:
Posting Komentar