Hellooooo sahabat blogger, kita belajar lagi yuuk. Saling share aja ya guyss :)
Disini saya akan berbagi sedikit tentang teknik-teknik dalam supervisi. Yuuk kita lihaat !!
Teknik supervisi Pendidikan adalah
atat yang digunakan oleh supervisor untuk mencapai tujuan supervisi itu
sendiri yang pada akhir dapat melakukan perbaikan pengajaran yang sesuai dengan
situasi dan kondisi.
1.
Teknik
Supervisi yang Bersifat Kelompok
a.
Pertemuan
Orientasi bagi guru baru.
Pertmuan orientasi adalah pertemuan anatar supervisor dengan supervisee
(Terutama guru baru) yang bertujuan menghantar supervisee memasuki suasana
kerja yang baru.
b.
Rapat
Guru
Rapat Guru adalah teknik supervisi kelompok melalui rapat guru yang
dilakukan untuk membicarakan proses pembelajaan, dan upaya atau cara
meningkatkan profesi guru.
c.
Studi
Kelompok antar Guru
Studi kelompok antara guru adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh
sejumlah guru yang memiliki keahlian dibidang studi tertentu, seperti MIPA,
Bahasa, IPS dan sebagainya, dan dikontrol oleh supervisor. Tujuan pelaksanaan
teknik supervisi ini adalah sebagai berikut :
a) Meningkatkan
kualitas penguasaan materi dan kualitas dalam memberi layanan belajar.
b) Memberi
kemudahan bagi guru – guru untuk mendapatkan bantuan pemechan masalah pada
materi pengajaran.
c) Bertukar
pikiran dan berbicara dengan sesama guru pada satu bidang studi atau bidang –
bidang studi yang serumpun.
d.
Diskusi
Diskusi adalah pertukaran pikiran atau pendapat melalui suatu percakapan
tentang suatu masalah untuk mencari alternatif pemecahannya. Diskusi merupakan
salah satu teknik yang digunakan untuk mengembangkan berbagai ketrampilan pada
diri para guru dalam mengatasi berbagai masalah atau kesulitan dengan cara
melakukan tukar pikiran antara satu dengan yang lain. Melalui teknik ini
supervisor dapat membantu para guru untuk saling mengetahui, memahami,
atau mendalami suatu permasalahan, sehingga secara bersama – sama akan berusaha
mencari alternatif pemecahan masalah tersebut.
e.
Workshop
Workshop adalah suatu kegiatan belajar kelompok yang terjadi dari
sejumlah pendidik yang sedang memecahkan masalah melalui percakapan dan bekerja
secara kelompok.
f.
Tukar-menukar
Pengalaman
Suatu teknik perjumpaan dimana guru menyampaikan pengalaman
masing-masing dalam mengajar terhadap topik-topik yang sudah diajarkan, saling
memberi dan menerima tanggapan dan saling belajar satu dengan yang lain.
2.
Teknik
Supervisi yang Bersifat Individu
a.
Teknik
Kunjungan Kelas
Teknik kunjungan kelas adalah suatu teknik kunjungan yang dilakukan
supervisor ke dalam satu kelas pada saat guru sedang mengajar dengan tujuan
untuk membantu guru menghadapi masalah/kesulitan mengajar selama melaksanakan
kegiatan pembelajaran. Kunjungan kelas dilakukan dalam upaya
supervisor memperoleh data tentang keadaan sebenarnya mengenai kemampuan dan
ketrampilan guru mengajar.
b.
Percakapan
Pribadi
Percakapan pribadi merupakan Dialog yang dilakukan oleh guru dan
supervisornya, yang membahas tentang keluhan – keluhan atau kekurangan yang
dikeluarkan oleh guru dalam bidang mengajar, di mana di sini supervisor dapat
memberikan jalan keluarnya.
c.
Intervisitasi
(mengunjungi sekolah lain)
Teknik ini dilakukan oleh sekolah-sekolah yang masih kurang maju dengan
menyuruh beberapa orang guru untuk mengunjungi sekolah – sekolah yang ternama
dan maju dalam pengelolaannya untuk mengetahui kiat – kiat yang telah diambil
sampai seekolah tersebut maju. Manfaat yang dapat diperoleh dari teknik
supervisi ini adalah dapat saling membandingkan dan belajar atas kelebihan dan
kekurangan berdasarkan pengalaman masing – masing. Sehingga masing – masing
guru dapat memperbaiki kualitasnya dalam memberi layanan belajar kepada peserta
didiknya.
d.
Menilai
Diri Sendiri
Guru dan supervisor melihat kekurangan masing-masing yang mana ini dapat
memberikan nilai tambah pada hubungan guru dan supervisor tersebut,yang
akhirnya akan memberikan nilai positif bagi kegiatan belajar mengajar yang
baik. Menilai diri sendiri merupakan tugas yang tidak mudah bagi guru, karena
suatu pengukuran terbalik karena selama ini guru hanya menilai murid-muridnya.
Itu lah sedikit pembehasan tentang teknik-teknik supervisi. Kurang lebihnya mohon maaf ya gusss :D
Mata Kuliah : Pengembangan Pembelajaran PKn di SD
Dosen : Dirgantara Wicaksono
Tidak ada komentar:
Posting Komentar