kata orang sih "ga PEDE ya GA HIDUP," yaudahh aku percaya diri aja dengan bilang sendiri kalau aku manis. heheh.
Stoppp bicara tentang itu, yuuk kita lanjut belajar. Kali ini saya akan membahas tentang macam-macam model pembelajaran tematik dari mata kuliah "Pembelajaran Tematik Kelas Lanjut SD". Dari beberapa minggu terakhir ini udah ada 2 macam model nih guys yang udah dipelajari. Sisanya lagi proses guyss :D
Now ladies and gentleman CHEK THIS OUT!!!!
1. Model Fragmanted
Model Fragmanted adalah model pembelajaran yang secara tegas memisahkan mata pelajaran sebagai identitas dirinya sendiri. Jadi intinya model ini tuh tidak ada keterkaitan antara mata pelajaran yang satu dengan yang lainnya guyss!!! Model ini cocok untuk diterapkan di kelas tinggi.Gambar tersebut merupakan gambar model fragmanted, terpisah-pisahkan guyss..
Contoh penerapannya misal pembelajaran bahasa Indonesia membahas tentang membaca puisi, dalam pembelajaran Matematika membahas tentang laba-rugi, dalam Penjaskes membahas tentang senam SKJ dan dalam pembelajaran PKn membahas tentang norma dan aturan di sekolah. Dalam keempat pembelajaran tersebut tidak ada pembahasan yang sama atau saling berkaitan melainkan semuanya terpisah-pisah.
Naaahhhh sampai sekarang yang masih saya bingung adalah, "kenapa model ini masuk kategori model pembelajaran tematik?" sedangkan tematik itu saling berkaitan dan terpadu antara mata pelajaran. Barangkali para blogger bisa membantu saya menjawab? waktu itu saya mau nanya ini sama pemateri (kelompok) atau sama dosen tapii sayang sungguh sayang waktunya telah habiiiss -,-
2. Model Connected
Model ini adalah model pembelajaran yang menghubungkan satu konsep dengan konsep yang lain, satu keterampilan dengan keterampilan yang lain, satu topik dengan topik yang lain, satu keterampilan dengan keterampilan yang lain, satu tugas dengan tugas yang lain. Intinya sih pada model ini mata pelajaran masih terpisah, akan tetapi sudah ada upaya khusus untuk membuat hubungan secara eksplisit dengan mata pelajaran. Dan model ini cocok untuk kelas tinggi.Tuh contoh gambarnya guyss. masih terpisah, tetapi sudah ada upaya menghubungkan.
Contoh penerapannya kalau menurut saya nii, pada pembelajaran Fisika tentang atom dan para penemunya dengan konsep kimia tentang bagaimana cara menghitung proton, elektron, dan neutron yang ada di atom. kalau contoh buat anak SD pada pembelajaran IPS materi tentang belanja naah dikatikan dengan mata pelajaran matematika materi tentang mata uang. Antara belanja dan uang itu memiliki keterhubungan, meskipun masih dalam pembelajaran terpisah.
Okeeh udah paham kan guyss tentang 2 model pembelajaran tematik tersebut? Untuk model-model selanjutnya tunggu postingan berikutnyaa. Semoga ga boseen yaa :)
Salam Semangat dari Mahasiswi UMJ, Husnul Khotimah :D
2013820106
Mata Kuliah : Pengembangan Pembelajaran PKn di SD
Dosen : Dirgantara Wicaksono


Tidak ada komentar:
Posting Komentar