Haii cemanss-cemansss :p
Kali ini kita akan belajar nii bagaimana sih cara mengaplikasian atau mengimplementasikan kurikulum 2013, yuuk dilihat caranya:
Implementasi
Kurikulum 2013
A.
Merancang
Pembelajaran Efektif dan Bermakna
Implementasi
kurikulum 2013nerupakan aktualisasi kurikulum dalam pembelajaran dan
pembentukkan kompetensi serta karakteristik peserta didik. Hal tersebit
menuntut keaktifan guru dalam menciptakan dan menumbuhkan berbagai kegiatan
sesuai dengan rencana yang telah diprogramkan.
Pembelajaran
menyenagkan, efektif, dan bermakna dapat dirancang oleh setiap guru dengan
prosedur sebagai berikut:
1. Pemanasan
dan Apersepsi
2. Eksplorasi
3. Konsolidasi
Pembelajaran
4. Pembentukan
Sikap, Kompetensi dan Karakter
5. Penilaian
Formatif
B.
Mengorganisasikan
Pembelajaran
Implementasi
kurikulum 2013 menuntut guru untuk mengorganisasikan pembelajaran secara
efektif. Ada 5 hal yang perlu diperhatikan dengan pengorganisasian pembelajaran
dalam implmentasi kurikulum 2013, yaitu:
1. Pelaksanaan
Pembelajaran
2. Pengadaan
dan Pembinaan Tenaga Ahli
3. Pendayagunaan
Lingkungan sebagai Sumber Belajar
4. Pengembangan
Kebijakan Sekolah
C.
Memilih
dan Menentukan Pendekatan Pembelajaran
Disamping
pendekatan pedagogi, pelaksanaan pembelajaran dalam implementasi kurikulum 2013
berbasis kompetensi dianjurkan juga untuk menggunakan pendekatan andragogi yang
berbeda dengan pedagogi.
Penekatan
pembelajaran berbasis kompetensi dalam menyukseskan implementasi kurikulum
merupakan alternatif pembinaan peserta didik, melalui penanaman berbagai
kompetensi yang berorientasi pada karakteristik, kebutuhan dan pengalaman
peserta didik serta melibatkannya dalam proses pembelajaran seoptimal mungkin,
agar setelah menamatkan suatu program pendidikan mereka memiliki kepribadian
yang kukuh dan siap mengikuti berbagai perubahan.
D.
Melaksanakan
Pembelajaran, Pembentukan Kompetensi dan Karakter
Pembelajaran
pada hakekatnya adalah proses interaksi peserta didik dengan lingkungannya,
sehingga terjadi perubahan perilaku ke arah yang lebih baik. Pada intinya
kegiatan pembelajaran mencakup kegiatan awal atau pembukaan, kegiatan inti atau
pembentukan kompetensi dan karakter, serta kegiatan akhir atau penutup.
E.
Menetapkan
Kriteria Keberhasilan
Keberhasilan
implementasi kurikulum 2013 dalam pembentukan kompetensi dan karakter peserta
didik dapat dilihat dari segi proses dan dari segi hasil. Dari segi proses,
pembentukan kompetensi dan karakter dikatakan berhasil dan berkualitas apabila
seluruhnya atau setidak-tidaknya 75% peserta didik terlibat secara aktif, baik
fisik, mental maupun sosial dalam proses pembelajaran.
Sedangkan dari
segi hasil, proses pembentukan kompetensi dan karakter dikatakan berhasil
apabila terjadi perubahan perilaku positif pada diri peserta didik seluruhnya
atau setidak-tidaknya sebagian besar 75%. Kriteria implementasi kurikulum 2013
berbasis kompetensi dan karakter dapat dilihat dalam jangka pendek, jangka
menengah dan jangka panjang.
Mata Kuliah : Pengembangan Pembelajaran PKn di SD
Dosen : Dirgantara Wicaksono
Tidak ada komentar:
Posting Komentar