Rabu, 10 Juni 2015

Implementasi Kurikulum 2013

Assalamu'alaikum ..
Haii cemanss-cemansss :p
Kali ini kita akan belajar nii bagaimana sih cara mengaplikasian atau mengimplementasikan kurikulum 2013, yuuk dilihat caranya:


Implementasi Kurikulum 2013

    A.    Merancang Pembelajaran Efektif dan Bermakna
Implementasi kurikulum 2013nerupakan aktualisasi kurikulum dalam pembelajaran dan pembentukkan kompetensi serta karakteristik peserta didik. Hal tersebit menuntut keaktifan guru dalam menciptakan dan menumbuhkan berbagai kegiatan sesuai dengan rencana yang telah diprogramkan.
Pembelajaran menyenagkan, efektif, dan bermakna dapat dirancang oleh setiap guru dengan prosedur sebagai berikut:

1.      Pemanasan dan Apersepsi
2.      Eksplorasi
3.      Konsolidasi Pembelajaran
4.      Pembentukan Sikap, Kompetensi dan Karakter
5.      Penilaian Formatif

   B.     Mengorganisasikan Pembelajaran
Implementasi kurikulum 2013 menuntut guru untuk mengorganisasikan pembelajaran secara efektif. Ada 5 hal yang perlu diperhatikan dengan pengorganisasian pembelajaran dalam implmentasi kurikulum 2013, yaitu:
1.      Pelaksanaan Pembelajaran
2.      Pengadaan dan Pembinaan Tenaga Ahli
3.      Pendayagunaan Lingkungan sebagai Sumber Belajar
4.      Pengembangan Kebijakan Sekolah

   C.    Memilih dan Menentukan Pendekatan Pembelajaran
Disamping pendekatan pedagogi, pelaksanaan pembelajaran dalam implementasi kurikulum 2013 berbasis kompetensi dianjurkan juga untuk menggunakan pendekatan andragogi yang berbeda dengan pedagogi.
Penekatan pembelajaran berbasis kompetensi dalam menyukseskan implementasi kurikulum merupakan alternatif pembinaan peserta didik, melalui penanaman berbagai kompetensi yang berorientasi pada karakteristik, kebutuhan dan pengalaman peserta didik serta melibatkannya dalam proses pembelajaran seoptimal mungkin, agar setelah menamatkan suatu program pendidikan mereka memiliki kepribadian yang kukuh dan siap mengikuti berbagai perubahan.

   D.    Melaksanakan Pembelajaran, Pembentukan Kompetensi dan Karakter
Pembelajaran pada hakekatnya adalah proses interaksi peserta didik dengan lingkungannya, sehingga terjadi perubahan perilaku ke arah yang lebih baik. Pada intinya kegiatan pembelajaran mencakup kegiatan awal atau pembukaan, kegiatan inti atau pembentukan kompetensi dan karakter, serta kegiatan akhir atau penutup.

   E.     Menetapkan Kriteria Keberhasilan
Keberhasilan implementasi kurikulum 2013 dalam pembentukan kompetensi dan karakter peserta didik dapat dilihat dari segi proses dan dari segi hasil. Dari segi proses, pembentukan kompetensi dan karakter dikatakan berhasil dan berkualitas apabila seluruhnya atau setidak-tidaknya 75% peserta didik terlibat secara aktif, baik fisik, mental maupun sosial dalam proses pembelajaran.
Sedangkan dari segi hasil, proses pembentukan kompetensi dan karakter dikatakan berhasil apabila terjadi perubahan perilaku positif pada diri peserta didik seluruhnya atau setidak-tidaknya sebagian besar 75%. Kriteria implementasi kurikulum 2013 berbasis kompetensi dan karakter dapat dilihat dalam jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang.

Mata Kuliah : Pengembangan Pembelajaran PKn di SD
Dosen : Dirgantara Wicaksono

Tidak ada komentar:

Posting Komentar