guyss guyss dilihat nii tentang bagaimana cara penialain kurikulum 2013. Yuuk intipp :p
A.
Penataan
Penialain
Salah satu aspek
yang dijadikan ajang perubahan dan penataan dalam kaitannya dengan implementasi
kurikulum 2013 adalah penataan standar penilaian. Penataan tersebut terutama
disesuaikan dengan penataan yang dilakukan pada standar isi, standar kompetensi
lulusan dan standar proses. Meskipun demikian, pada akhirnya penataan penilaian
tersebut tetap bermuara dan berfokus pada pembelajaran, karena pembelajaran
merupakan inti dari implementasi kurikulum.
B.
Penilaian
Kurikulum
Penilaian
kurikulum harus mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara utuh
dan proporsional, sesuai dengan kompetensi inti yang telah ditentukan.
Penilaian aspek
pengetahuan dapat dilakukan dengan ujian tulis, lisan dan daftar isian
pertanyaan. Penilaian aspek keterampilan bisa dilakukan dengan ujian praktek,
analisis keterampilan, serta penilaian oleh pesrta didik sendiri. Penilaian
sikap dapat dilakukan dengan daftar isian sikap (pengamatan pribadi) dari diri
sendiri dan daftar isian sikap yang disesuaikan dengan kompetensi inti.
C.
Penilaian
Proses Pembelajaran
Penilaian proses
dimaksudkan untuk menilai kualitas pembelajaran serta internalilsasi karakter
dan pembentukan kompetensi peserta didik. Lebih lanjut proses pembelajaran
dikatakan berhasil dan berkualitas apabila masukan merata, menghasilkan output
yang banyak dan bermutu tinggi, serta sesuai dengan kebutuhan, perkembangan masyarakat
dan pembangunan.
Penialain proses
dapat dilakukan dengan pengamatan (observasi) dan refleksi. Pengamatan dapat
dilakukan oleh guru ketika peserta didik sedang mengikuti pembelajaran,
mengajukan pertanyaan/permasalahan, merespon/menjawab pertanyaan, berdiskusi
dan mengerjakan tugas-tugas pembelajaran lainnya baik di kelas maupun di luar
kelas.
D.
Penilaian
Unjuk Kerja
Dalam penilaian
unjuk kerja peserta didik diamti dan dinilai bagaimana mereka bergaul,
bagaimana mereka bersosialisasi di masyarakat dan bagaimana mereka menerapkan
pemnelajaran di kelas dalam kehidupan sehari-hari.
Dalam penilaian
pembelajaran. Penialain unjuk kerja dapat dilakukan secara efektif dengan
langkah-langkah sebagai berikut:
1. Tetapkan
kinerja yang akan dinilai.
2. Buat
daftar yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan dari masing-masing mata
pelajaran dan butir-butir yang dipertimbangkan untuk menentukan apakah
pekerjaan itu memenuhi standar yang telah ditetapkan.
3. Tentukan
pekerjaan untuk peserta didik dan alokasi waktu yang diperlukan untuk
menyelsaikan pekerjaan.
4. Buat
semua daftar bahan, alat dan gambar yang diperlukan peserta didik untuk mengerjakan
penialain.
5. Siapkan
semua petunjuk tertulis untuk peserta didik.
6. Siapkan
sistem pensekoran (scoring).
E.
Penilaian
Karakter
Penialain
karakter yang dimaksud untuk mendeteksi karakter yang terbentuk dalam diri
peserta didik melalui pembelajaran yang telah diikutinya. Contoh penilian
karakter yaitu bertanggungjawab, percaya diri, santun, jujur dan lain
sebagainya.
F.
Penialaian
Portofolio
Penialain
portofolio adalan penialain terhadap seluruh tugas yang dikerjakan pesserta
didik dalam mata pelajaran tertentu. Dalam kurikulum 2013 penialain portofolio
harus dilakukan secara utuh dan berkesinambungan serta mencakup seluruh
kompetensi inti yang dikembangkan.
G.
Penialain
Ketuntasan Belajar
Penilaian
ketuntasan belajar ditetapkan berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).
Sekolah secara bertahap dan berkelanjutan peru menetapkan dan meningkatkan KKM
untuk mencapai ketuntasan ideal.
Mata Kuliah : Pengembangan Pembelajaran PKn di SD
Dosen : Dirgantara Wicaksono
Tidak ada komentar:
Posting Komentar