Rabu, 10 Juni 2015

Penataan Penilaian Kurikulum 2013

Assalamu'alaikum ..

guyss guyss dilihat nii tentang bagaimana cara penialain kurikulum 2013. Yuuk intipp :p


    A.    Penataan Penialain
Salah satu aspek yang dijadikan ajang perubahan dan penataan dalam kaitannya dengan implementasi kurikulum 2013 adalah penataan standar penilaian. Penataan tersebut terutama disesuaikan dengan penataan yang dilakukan pada standar isi, standar kompetensi lulusan dan standar proses. Meskipun demikian, pada akhirnya penataan penilaian tersebut tetap bermuara dan berfokus pada pembelajaran, karena pembelajaran merupakan inti dari implementasi kurikulum.

    B.     Penilaian Kurikulum
Penilaian kurikulum harus mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara utuh dan proporsional, sesuai dengan kompetensi inti yang telah ditentukan.
Penilaian aspek pengetahuan dapat dilakukan dengan ujian tulis, lisan dan daftar isian pertanyaan. Penilaian aspek keterampilan bisa dilakukan dengan ujian praktek, analisis keterampilan, serta penilaian oleh pesrta didik sendiri. Penilaian sikap dapat dilakukan dengan daftar isian sikap (pengamatan pribadi) dari diri sendiri dan daftar isian sikap yang disesuaikan dengan kompetensi inti.

    C.    Penilaian Proses Pembelajaran
Penilaian proses dimaksudkan untuk menilai kualitas pembelajaran serta internalilsasi karakter dan pembentukan kompetensi peserta didik. Lebih lanjut proses pembelajaran dikatakan berhasil dan berkualitas apabila masukan merata, menghasilkan output yang banyak dan bermutu tinggi, serta sesuai dengan kebutuhan, perkembangan masyarakat dan pembangunan.
Penialain proses dapat dilakukan dengan pengamatan (observasi) dan refleksi. Pengamatan dapat dilakukan oleh guru ketika peserta didik sedang mengikuti pembelajaran, mengajukan pertanyaan/permasalahan, merespon/menjawab pertanyaan, berdiskusi dan mengerjakan tugas-tugas pembelajaran lainnya baik di kelas maupun di luar kelas.


    D.    Penilaian Unjuk Kerja
Dalam penilaian unjuk kerja peserta didik diamti dan dinilai bagaimana mereka bergaul, bagaimana mereka bersosialisasi di masyarakat dan bagaimana mereka menerapkan pemnelajaran di kelas dalam kehidupan sehari-hari.
Dalam penilaian pembelajaran. Penialain unjuk kerja dapat dilakukan secara efektif dengan langkah-langkah sebagai berikut:
1.      Tetapkan kinerja yang akan dinilai.
2.      Buat daftar yang diperlukan untuk melaksanakan pekerjaan dari masing-masing mata pelajaran dan butir-butir yang dipertimbangkan untuk menentukan apakah pekerjaan itu memenuhi standar yang telah ditetapkan.
3.      Tentukan pekerjaan untuk peserta didik dan alokasi waktu yang diperlukan untuk menyelsaikan pekerjaan.
4.      Buat semua daftar bahan, alat dan gambar yang diperlukan peserta didik untuk mengerjakan penialain.
5.      Siapkan semua petunjuk tertulis untuk peserta didik.
6.      Siapkan sistem pensekoran (scoring).

    E.     Penilaian Karakter
Penialain karakter yang dimaksud untuk mendeteksi karakter yang terbentuk dalam diri peserta didik melalui pembelajaran yang telah diikutinya. Contoh penilian karakter yaitu bertanggungjawab, percaya diri, santun, jujur dan lain sebagainya.

    F.     Penialaian Portofolio
Penialain portofolio adalan penialain terhadap seluruh tugas yang dikerjakan pesserta didik dalam mata pelajaran tertentu. Dalam kurikulum 2013 penialain portofolio harus dilakukan secara utuh dan berkesinambungan serta mencakup seluruh kompetensi inti yang dikembangkan.

   G.    Penialain Ketuntasan Belajar
Penilaian ketuntasan belajar ditetapkan berdasarkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Sekolah secara bertahap dan berkelanjutan peru menetapkan dan meningkatkan KKM untuk mencapai ketuntasan ideal.

Mata Kuliah : Pengembangan Pembelajaran PKn di SD
Dosen : Dirgantara Wicaksono

Tidak ada komentar:

Posting Komentar