Assalamu;alaikum ..
kita masih lanjut nih tentang kurikulum 2013. Meskipun saat ini kurikulum tersebut dihentikan sementara, namun tetap ya guyss kita harus mempelajari tentang kurikulum yang satu ini nih, InsyaAllah bermanfaat, terlebih lagi jika nanti kurikulum ini dilanjutkan lagi :)
A.
Perlunya
Perubahan dan Pengembangan Kurikulum 2013
Kurikulum itu
sifatnya dinamis serta harus selalu dilakukan perubahan dan pengembangan, agar
dapat mengikuti tantangan dan perkembangan zaman. Untuk menghadapi tantangan
tersebut, kurikulum harusmampu membekali peserta didik dengan berbagai
kompetensi. Kompetensi yang diperlukan di masa depan sesuai dengan perkembangan
global.
B.
Landasan
Pengembangan Kurikulum
Landasan
pengembangan kurikulum ada 3 yaitu :
a. Landasan
Filosofis
b. Landasan
Yuridis
c. Landasan
Konseptual
C.
Tujuan
Pengembangan Kurikulum 2013
Melalui
pengembangan kurikulum 2013 kita akan menghassilkan insan Indonesia yang
produktif, kreatif, inovatif, afektif, melalui penguatan sikap, keterampilan,
dan pengetahuan yang terintegrasi.
Dalam hal ini,
pengembangan kurikulum difokuskan pada pembentukan kompetensi dan karakteristik
peserta didik, berupa panduan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dapat
didemonstrasikan peserta didik sebagai wujud pemahaman terhadap konsep yang
dipelajari secara kontekstual.
D.
Kurikulum
2013 Berbasis Kompetensi
Beberapa aspek
atau ranah yang terkandumg dalam konsep kompetensi adalah sebagai berikut:
1. Pengethuan
2. Pemahaman
3. Kemampuan
4. Nilai
5. Sikap
6. Minat
Berdasarkan
analisis tersebut, kurikum 2013 berbasis kompetensi dapat dimaknai sebagai
suatu konsep kurikulum yang menekankan pada kemampuan melakukan tugas-tugas
dengan standar performansi tertentu, sehingga hasilnya dapat dirasakan oleh
peserta didik. Dari berbagai sumber, sedikitnya dapat diidentifikasikan lima
karakteristik kurikulum berbasis kompetensi:
1. Mendayagunakan
Kesuluruhan Sumber Belajar
2. Pengalaman
Lapangan
3. Strategi
Belajarn Individual Personal
4. Kemudahan
Belajar
5. Belajar
Tuntas
E.
Tingkat
Pengembangan Kurikulum
1.
Pengembangan
Kurikulum Tingkat Nasional
Pada tingkat nasional
dilakukan penataan Standar Nasional Pendidikan (SNP), terutama pada Standar
Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses dan Standar Penilaian, yang
dituangkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013.
2.
Pengembangan
Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Pada tingkat ini
dibahas pengembangan kurikulum untuk setiap jenis lembaga pendidikan pada
berbagai satuan dan jenjang pendidikan.
3.
Pengembangan
Silabus
Dalam kurikum 2013,
pengembangan silabus tidak lagi oleh guru, tetapi sudah disiapkan oleh tim
pengembang kurikulum, baik di tingkat pusat maupun wilayah.
4.
Pengembangan
Program Pembelajaran
Dalam kurikulum2013
program pembelajaran yang dikembangkan adalah tematik dan terpadu, sehingga
kegiatan pengembangan kurikulum pada tingkat ini adalah menyusun dan
mengembangkan rencana pembelajaran terpadu.
F.
Prinsip
Pengembangan Kurikulum
1. Pengembangan
kurikulum dilakukan mengacu pada standar nasional pendidikan untuk mewujudkan
tujuan pendidikan nasional.
2. Dikembangkan
dengan prinsip diversifikasi sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah
dan peserta didik.
3. SKL
dijabarkan dari tujuan pendidikan nasional dan kebutuhan masyarakat.
4. Standar
Isi dijabarkan dari SKL
5. Standar
Proses dijabarkan dari Standar Isi
6. Standar
Penilaian dijabarkan dari SKL, Standar Proses, dan Standar Isi.
7. Penialain
hasil belajar berbasis proses dan produk
8. Proses
belajar dengan pendekatan ilmiah
Mata Kuliah : Pengembangan Pembelajaran PKn di SD
Dosen : Dirgantara Wicaksono
Tidak ada komentar:
Posting Komentar