Rabu, 10 Juni 2015

Pengembangan Kurikulum 2013

Assalamu;alaikum ..
kita masih lanjut nih tentang kurikulum 2013. Meskipun saat ini kurikulum tersebut dihentikan sementara, namun tetap ya guyss kita harus mempelajari tentang kurikulum yang satu ini nih, InsyaAllah bermanfaat, terlebih lagi jika nanti kurikulum ini dilanjutkan lagi :)

    A.    Perlunya Perubahan dan Pengembangan Kurikulum 2013
Kurikulum itu sifatnya dinamis serta harus selalu dilakukan perubahan dan pengembangan, agar dapat mengikuti tantangan dan perkembangan zaman. Untuk menghadapi tantangan tersebut, kurikulum harusmampu membekali peserta didik dengan berbagai kompetensi. Kompetensi yang diperlukan di masa depan sesuai dengan perkembangan global.

   B.     Landasan Pengembangan Kurikulum
Landasan pengembangan kurikulum ada 3 yaitu :
a.       Landasan Filosofis
b.      Landasan Yuridis
c.       Landasan Konseptual

   C.    Tujuan Pengembangan Kurikulum 2013
Melalui pengembangan kurikulum 2013 kita akan menghassilkan insan Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif, afektif, melalui penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang terintegrasi.
Dalam hal ini, pengembangan kurikulum difokuskan pada pembentukan kompetensi dan karakteristik peserta didik, berupa panduan pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang dapat didemonstrasikan peserta didik sebagai wujud pemahaman terhadap konsep yang dipelajari secara kontekstual.
   D.    Kurikulum 2013 Berbasis Kompetensi
Beberapa aspek atau ranah yang terkandumg dalam konsep kompetensi adalah sebagai berikut:
1.      Pengethuan
2.      Pemahaman
3.      Kemampuan
4.      Nilai
5.      Sikap
6.      Minat
Berdasarkan analisis tersebut, kurikum 2013 berbasis kompetensi dapat dimaknai sebagai suatu konsep kurikulum yang menekankan pada kemampuan melakukan tugas-tugas dengan standar performansi tertentu, sehingga hasilnya dapat dirasakan oleh peserta didik. Dari berbagai sumber, sedikitnya dapat diidentifikasikan lima karakteristik kurikulum berbasis kompetensi:
1.      Mendayagunakan Kesuluruhan Sumber Belajar
2.      Pengalaman Lapangan
3.      Strategi Belajarn Individual Personal
4.      Kemudahan Belajar
5.      Belajar Tuntas

   E.     Tingkat Pengembangan Kurikulum
1.      Pengembangan Kurikulum Tingkat Nasional
Pada tingkat nasional dilakukan penataan Standar Nasional Pendidikan (SNP), terutama pada Standar Kompetensi Lulusan, Standar Isi, Standar Proses dan Standar Penilaian, yang dituangkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013.
2.      Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
Pada tingkat ini dibahas pengembangan kurikulum untuk setiap jenis lembaga pendidikan pada berbagai satuan dan jenjang pendidikan.
3.      Pengembangan Silabus
Dalam kurikum 2013, pengembangan silabus tidak lagi oleh guru, tetapi sudah disiapkan oleh tim pengembang kurikulum, baik di tingkat pusat maupun wilayah.
4.      Pengembangan Program Pembelajaran
Dalam kurikulum2013 program pembelajaran yang dikembangkan adalah tematik dan terpadu, sehingga kegiatan pengembangan kurikulum pada tingkat ini adalah menyusun dan mengembangkan rencana pembelajaran terpadu.
   F.     Prinsip Pengembangan Kurikulum
1.      Pengembangan kurikulum dilakukan mengacu pada standar nasional pendidikan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional.
2.      Dikembangkan dengan prinsip diversifikasi sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah dan peserta didik.
3.      SKL dijabarkan dari tujuan pendidikan nasional dan kebutuhan masyarakat.
4.      Standar Isi dijabarkan dari SKL
5.      Standar Proses dijabarkan dari  Standar Isi
6.      Standar Penilaian dijabarkan dari SKL, Standar Proses, dan Standar Isi.
7.      Penialain hasil belajar berbasis proses dan produk
8.      Proses belajar dengan pendekatan ilmiah


Mata Kuliah : Pengembangan Pembelajaran PKn di SD
Dosen : Dirgantara Wicaksono

Tidak ada komentar:

Posting Komentar