Rabu, 10 Juni 2015

Inovasi Kurikulum

Assalamu'alaikum ..

Kali ini kita akan membahas sedikit tentang inovasi atau perubahan kurikulum dari KTSP ke kurikulum 2013.

Perlu kalian ketahui ya guyss, inovasi itu tidak hanya sebatas pembaharuan yang benar-benar baru, tetapi inovasi juga bisa berebentuk pembaharuab untuk memperbaharui yang telah ada agar lebih baik lagi, contohnya kurikulum ya guys. Kurikulum selalu diperbaharui karena mengikuti perkembangan zaman dan untuk menyesuaikan dengan karakteristik siswa agar pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik lagi.


    A.    Keunggulan Kurikulum 2013
Implementasi kurikulum 2013 diharapkan dapat menghasilkan insan yang produktif, kreatif dan inovatif. Secara konseptual kurikulum 2013 memiliki beberapa keunggulan:
1.      Menggunakan pendekatan yang bersifat alamiah, untuk mengembangkan berbagai kmpetensi sesuai dengan potensi peserta didik masing-masing.
2.      Kurikulum 2013 mendasari pengembangan kemampuan-kemampuan lain.
3.      Ada bidang-bidang studi atau mata pelajaran tertentu yang dalam pengembangannya lebih tepat menggunakan pendekatan kompetensi, terutama yang berkaitan dengan keterampilan.

    B.     Perbedaan Esensial Kurikulum 2013 dengan KTSP 2006
Kurikulum 2013 lebih ditekankan pada aspek afektif, dengan penialain yang ditekankan pada nontes dan portofolio. Dalam kurikulum 2013 berbasis kompetensi dan karakter ini, murid SD idelanya tidak lagi menghapal, karena kurikulum ini dirancang untuk mempersiapkan peserta didik memiliki budi pekerti atau karakter yang baik, sebagai bekal untuk mengikuti pendidikan pada jenjang berikutnya.
Dalam kurikulum 2013 peserta didik tidak lagi mempelajari masing-masing mata pelajaran terpisah, melainkan sudah tematik-integratif. Pramuka menjadi ekstra kurikuler yang wajib dilaksanakan peserta didik.

    C.    Kompetensi Inti
Kompetensi inti merupakan pengikat kompetensi-kompetensi yang harus dihasilkan melalui pembelajaran dalam setiap mata pelajaran, sehingga berperan sebagai integrator horizntal antar mata pelajaran.
Kompetensi inti berfungsi sebagai unsur pengorganisasian kompetensi dasar. Sebagai unsur pengorganisasian, kompetensi inti merupakan pengikat untuk organisasi vertikal dan organisasi horizontal kompetensi dasar.


    D.    Silabus dan Rencana Pembelajaran
Dalam kurikulum 2013 silabus sudah disiapkan oleh pemerintah, baik untuk kurikulum nasional maupun untuk kurikulum wilayah, sehingga guru tinggal mengembangkan rencana pembelajaran.
Di samping silabus, pemerintah juga sudah membuat buku panduan, baik buku panduan untuk guru maupun untuk siswa. Hal baru berkaitan dengan silabus dan RPP ini, bahwa sebagaian besar pembelajaran, khususnya di sekolah dasar dilakukan secara tematik integratif. Oleh karena itu, guru harus memahaminya secara utuh berbagai hal yang berkaitan dengan silabus tematik integratif sebelum melaksanakan pembelajaran. 

Mata Kuliah : Pengembangan Pembelajaran PKn di SD
Dosen : Dirgantara Wicaksono

Tidak ada komentar:

Posting Komentar