Kali ini kita akan membahas sedikit tentang inovasi atau perubahan kurikulum dari KTSP ke kurikulum 2013.
Perlu kalian ketahui ya guyss, inovasi itu tidak hanya sebatas pembaharuan yang benar-benar baru, tetapi inovasi juga bisa berebentuk pembaharuab untuk memperbaharui yang telah ada agar lebih baik lagi, contohnya kurikulum ya guys. Kurikulum selalu diperbaharui karena mengikuti perkembangan zaman dan untuk menyesuaikan dengan karakteristik siswa agar pendidikan di Indonesia menjadi lebih baik lagi.
A.
Keunggulan
Kurikulum 2013
Implementasi
kurikulum 2013 diharapkan dapat menghasilkan insan yang produktif, kreatif dan
inovatif. Secara konseptual kurikulum 2013 memiliki beberapa keunggulan:
1. Menggunakan
pendekatan yang bersifat alamiah, untuk mengembangkan berbagai kmpetensi sesuai
dengan potensi peserta didik masing-masing.
2. Kurikulum
2013 mendasari pengembangan kemampuan-kemampuan lain.
3. Ada
bidang-bidang studi atau mata pelajaran tertentu yang dalam pengembangannya
lebih tepat menggunakan pendekatan kompetensi, terutama yang berkaitan dengan
keterampilan.
B.
Perbedaan
Esensial Kurikulum 2013 dengan KTSP 2006
Kurikulum 2013
lebih ditekankan pada aspek afektif, dengan penialain yang ditekankan pada
nontes dan portofolio. Dalam kurikulum 2013 berbasis kompetensi dan karakter
ini, murid SD idelanya tidak lagi menghapal, karena kurikulum ini dirancang
untuk mempersiapkan peserta didik memiliki budi pekerti atau karakter yang
baik, sebagai bekal untuk mengikuti pendidikan pada jenjang berikutnya.
Dalam kurikulum
2013 peserta didik tidak lagi mempelajari masing-masing mata pelajaran
terpisah, melainkan sudah tematik-integratif. Pramuka menjadi ekstra kurikuler
yang wajib dilaksanakan peserta didik.
C.
Kompetensi
Inti
Kompetensi inti
merupakan pengikat kompetensi-kompetensi yang harus dihasilkan melalui
pembelajaran dalam setiap mata pelajaran, sehingga berperan sebagai integrator
horizntal antar mata pelajaran.
Kompetensi inti
berfungsi sebagai unsur pengorganisasian kompetensi dasar. Sebagai unsur
pengorganisasian, kompetensi inti merupakan pengikat untuk organisasi vertikal
dan organisasi horizontal kompetensi dasar.
D.
Silabus
dan Rencana Pembelajaran
Dalam kurikulum
2013 silabus sudah disiapkan oleh pemerintah, baik untuk kurikulum nasional
maupun untuk kurikulum wilayah, sehingga guru tinggal mengembangkan rencana
pembelajaran.
Di samping
silabus, pemerintah juga sudah membuat buku panduan, baik buku panduan untuk
guru maupun untuk siswa. Hal baru berkaitan dengan silabus dan RPP ini, bahwa
sebagaian besar pembelajaran, khususnya di sekolah dasar dilakukan secara
tematik integratif. Oleh karena itu, guru harus memahaminya secara utuh
berbagai hal yang berkaitan dengan silabus tematik integratif sebelum
melaksanakan pembelajaran.
Mata Kuliah : Pengembangan Pembelajaran PKn di SD
Dosen : Dirgantara Wicaksono
Tidak ada komentar:
Posting Komentar