Berjumpa lagi nih dengan Husnul Khotiman :)
Langsung aja yaa, kali ini saya akan berbagi sedikit nih tentang apa-apa saja yang dapat kita lakukan untuk mengoptimalisasi penerapan kurikulum 2013, caranya gini nih :D
A.
Mendongkrak
Prestasi
Perubahan
perilaku hasil belajar harus bersifat positif, artinya sesuai dengan yang
diharapkan (normatif) atau sesuai dengan kriteria keberhasilan, baik dipandang
dari segi peserta didik maupun dari segi guru. Perubahan perilaku hasil belajar
bersifat efektif, artinya perubahan hasil belajar itu relatif tetap dan setiap
saat diperlukan dapat diproduksikan dan dipegunakan untuk pemecahan masalah,
ujian, maupun dalam penyesuaian diri dalam kehidupan sehari-hari. Untuk
mendongkrak prestasi belajar dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal.
Usaha
mendongkrak prestasi belajar dapat dilakukan dengan dibentuknya kelompok
belajar, rajin membaca vuku yang bersangkutan dengan mata pelajaran, menjaga
kesehatan agar dapat belajar dengan baik
dan mempergunakan waktu dengan sebaik-baiknya.
B.
Penghargaan
dan Hadiah
Psikologi
perilaku mengatakan bahwa orang melihat penghargaan dan hadiah untuk memenuhi
kebutuhan psikologis yang muncul dalam diri masing-masing. Penggunaan
penghargaan dan hadiah harus disesauikan dengan tingkatan dan kebutuhan peserta
didik. Dan pemberian penghargaan harus dilakukan secara tepat, agar tidak
terjadi hal-hal yang tidak diinginkan atau respon negatif. Pemberian
penghargaan atau hadiah juga akan meningkatkandan memotivasi peserta didik
dalam belajar.
C.
Membangun
Tim
Membangun tim
bertujuan untuk mendidik seluruh tenaga keoendidikan di sekolah pada seluruh
tingkat pekerjaandengan teknik kepemimpinan kepala sekolah yang efektif.
D.
Mengembangkan
Program Akselerasi
program
akselerasi memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk melalui masa
belajar di sekolah dengan waktu yang relatif cepat. Program ini diharapkan
dapat mendongkrak kualitas SDM secara lebih cepat dan tepat sasaran.
E.
Membudayakan
Kurikulum
Membudayakan
kurikulum dapat dimaknai bahwa implementasi kurikulum tersebut masuk dalam
budaya sekolah, yanag mereflesikan nilai-nilai dominan, norma-norma dan
keyakinan semua warga sekolah, baik peserta didik, guru, kepala sekolah maupun
tenaga kependidikan lainnya.
F.
Mendayagunakan
Lingkungan
Pendayagunaan
lingkungan merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang berusaha untuk
meningkatkan keterlibatan peserta didik melalui pendayagunaan lingkungan
sebagai sumber belajar. Jenis-jenis lingkungan yang dapat didayagunakan oleh
peserta didik untuk kepentingan pembelajaran:
1. Lingkungan
yang meliputi faktor fisik, biologi, sosio ekonomidan budaya yang berpengaruh
secara langsung maupun tidak langsung dan berinteraksi dengan kehidupan peserta
didik.
2. Sumber
masyarakat yang meliputi setiap unsur atau fasilitas yang ada dalam suatu
kelompok masyarakat.
3. Tokoh
masyarakat yang memiliki pengetahuan khusus dan berkaitan dengan kepentingan
pembelajaran.
G.
Melibatkan
Masyarakat
Partisipasi
masyarakat dalam kegiatan pendidikan harus diwujudkan dalam tindakan nyata,
terutama keikutsertaannya dalam memberikan gagasan, kritik membangun, dukungan
dan pelaksanaan pendidikan.
Hubungan sekolah
dengan masyarakat merupakan suatu proses komunikasi untuk meningkatkan
pengertian warga masyarakat tentang kebutuhan dan praktek serta mendorong minat
dan kerja sama dalam usaha memperbaiki sekolah karena komunikasi itu merupakan lintasan
dua arah, yaitu dari arah sekolah ke masyakat, dan sebaliknya.
Mata Kuliah : Pengembangan Pembelajaran PKn di SD
Dosen : Dirgantara Wicaksono
Baccarat | How to Play for Free at Betfair Online Casino
BalasHapusHere's what the site offers at Betfair Online Casino. The Betfair Casino app and the Betfair 카지노 app 바카라사이트 are all 인카지노 available for you to enjoy at the casino