Rabu, 10 Juni 2015

Kunci Kesuksesan Kurikulum 2013

Assalamu'alaikum ..
Hallo guyss,, berikut ini kita akan coba bahas nih tentang siapa aja sih yang menjadi pemegang kunci kesuksesan kurikulum 2013. 

Ada beberapa point nih yang sangat berpengaruh dalam kesuksesan kurikulum 2013

A.    Kepemimpinan Kepala Sekolah
Kunci sukses pertama yang menentukan keberhasilan implementasi kurikulum 2013 adalah kepemimpinan kepala sekolah terutama dalam mengoordinasi, menggerakan, dan menyelaraskan semua sumber daya pendidikan yang tersedia.
Keberhasilan kurikulum 2013, menuntut kepala sekolah yang demokratis profesional, sehingga mampu menumbuhkan iklim yang demokratis di sekolah, yang akan mendorong terciptanya ikllim yang kondusif bagi terciptnya kualitas pendidikan dan pembelajaran yang optimal untuk mengembangkan seluruh potensi peserta didik.

B.     Kreativitas Guru
Kunci sukses kedua yang menentukan keberhasilan implementasi kurikulum 2013 adalah kreativitas guru, karena guru merupakan faktor penting yang besar pengaruhnya, bahkan sangat menentukan berhasil atau tidak nya peserta didik belajar.

C.    Aktivitas Peserta Didik
Kunci sukses ketiga yang menentukan keberhasilan implementasi kurikulum 2013 adalah aktivitas peserta didik. Dalam rangka mendorong dan mengembangkan aktivitas peserta didik, guru harus mampu mendisiplinkan peserta didik, guru harus mampu membantu peserta didik mengembangkan pola perilakunya, meningkatkan standar perilakunya dan melaksanakan aturan sebagai alat untuk menegakkan disiplin dalam setiap aktivitsnya.  

D.    Sosialisasi Kurikulum 2013
Kunci sukses selanjutnya adalah sosialisasi. Sosialiasasi dalam implementasi kurikulum 2013 sangat penting dilakukan, agar semua pihak yang terlibat dalam implementasinya di lapangan paham dengan perubahan yang harus dilakukan esuai dengan tugas pokok dan fungsinya masing-masing.


Sosialisai kurikulum perlu dilakukan terhadap berbagai pihak yang terkait dalam implementasinya, serta terhdap seluruh warga sekolah, bahkan terhadap masyarakat dan orang tua peserta didik. Sosialisasi perlu dilakukan secara matang agar kurikulum yang ditawarkan dapat dipahami dan diterapkan secara optimal.

E.     Fasilitas dan Sumber Belajar
Kunci sukses yang kelima yaitu fasilitas dan sumber belajar yang memadai, agar kurikulum yang sudah dirancang dapat dilaksanakan secara optimal. Dalam pengembangan fasilitas dan sumber belajar, guru di samping harus mampu membuat sendiri alat pembelajaran dan alat peraga, juga harus berinisiatif mendayagunakan lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar yang lebih konkret.

F.     Lingkungan yang Kondusif Akademik
Lingkuan yang kondusif-akademik, baik secara fisik dan non fisik juga menjadi penentu keberhasilan implementasi kurikulum 2013. Lingkungan sekolah yang aman, nyaman dan tertib, optimisme dan harapan yang tinggi dari seluruh warga sekolah, kesehatan sekolah, serta kegiatan-kegiatan yang terpusat pada peserta didik merupakan iklim yang dapat membangkitkan gairah dan semangat belajar.

G.    Partisipasi Warga Sekolah
Kunci sukses yang ketujuh adalah partisipasi warga sekolah, khususnya tenaga kependidikan. Keberhasilan pendidikan di sekolah sangat ditentukan oleh keberhasilan kepala sekolah dalam memberdayakan seluruh warga sekolah, khususnya tenaga kependidikan yang tersedia. Dalam hal ini, peningkatan produktivitas dan prestasi kerja dapat dilakukan denga meningkatkan perilaku tenaga kependidikan di sekolah melalui aplikasi berbagai konsep dan teknik manajemen personalia modern.

okeeh, thanks for your attention :)
Wassalamu'alaikum ..

Mata kuliah : Pengembangan Pembelajaran PKn di SD
Dosen : Dirgantara Wicaksono

Tidak ada komentar:

Posting Komentar